Wednesday 6 June 2012

Survey Pendidikan

Sehubungan dengan tugas survey online yang diberikan oleh dosen mata kuliah psikologi pendidikan, saya akan ‘memposting, hasil dan penjelasan dari survey tersebut. Survey ini saya lakukan dengan subyek maksimal 50 orang dan pertanyaan sebanyak 5 butir yang dijawab atau diisi oleh teman-teman seangkatan saya. Dari pertanyaan pertama, Nampak bahwa banyak mahasiswa yang sama sekali belum pernah mendengar ujian online sebelumnya. Hal ini mungkin akan membuat banyak mahasiswa terkejut dengan cara ujian baru ini. Dari soal kedua, mayoritas orang memilih jaaban netral. Yang saya lihat disini ialah sebenarnya mereka sedikit tertarik, namun masih bimbang dengan system ini. Dari soal ketiga, netral dengan sangat setuju berbeda tipis. Dimana pertanyaannya adalah kepraktisan dan kehematan dalam penggunaan kertas. Dari soal keempat, mahasiswa menunjukkan bahwa mereka memiliki sarana yang memadai untuk melakukan ujian secara online. Dari soal kelima, tampak jelas bahwa sebagian besar mahasiswa psikologi angkatan 2011 lebih menyukai ujian yang konvensional, yaitu ujian menggunakan kertas maupun lisan dibandingkan dengan ujian online. Testimonial: Sangat menyenangkan. Survey ini pastinya akan sangat membantu dalam kehidupan saya sebagai mahasiswi psikologi yang sering kali menggunakan survey untuk melihat fenomena-fenomena di masyarakat. Namun kelemahannya adalah tidak banyak yang mau mengisi data maupun jawabannya, harus dipaksa atau dibujuk dulu.

No comments:

Post a Comment