Friday 16 March 2012

Bittersweet Childhood Memories

hi joy-finders! kali ini saya posting tentang tugas mata kuliah yang berhubungan dengan masa kecil saya :) CLASSICAL CONDITIONING Conditioned stimulus: potongan lemon Unconditioned stimulus: jus lemon Conditioned stimulus: menyerengit/gatal di telinga Unconditioned stimulus: menyerengit/gatal ditelinga Orang-orang mungkin melihat lemon ataupun jeruk biasa saja, tidak ada respon tertentu. Namun, beda hal nya dengan saya. Setiap saya melihat ataupun hanya membayangkannya saja, saya akan meraskan tekanan di belakang telinga yang membuat saya menyerengit aneh karena teringat betapa masamnya buah tersebut , seperti yang biasanya terjadi jika saya meminum minuman yang berbahan lemon. Hal ini sudah saya sadari sejak SD, padahal sebelumnya saya tidak memberikan respon tertentu jika melihat lemon dan sebangsanya. OPERANT CONDITIONING Sewaktu saya kecil, saya sangat benci harus memangkas rambut saya di salon langganan mama saya. Hal itu dikarenakan setiap kali pangkas, rambut saya dipotong pendek sebahu, padahal saya selalu menginginkan rambut panjang seperti teman-teman saya yang lain agar bisa di cocang ataupun diikat dengan karet warna-warni. Saya pernah satu hari bolos sekolah karena sangat membenci potongan rambut pendek itu. Maka dari itulah ibu saya memberikan saya ‘soft drink’ kesukaan saya ataupun tambahan uang jajan sebagai ‘positive reinforcement’ setiap kali selesai pangkas. Lambat laun saya tidak lagi menolak untuk memangkas rambut saya seperti dulu, tetapi tetap saja saya kurang menyukai hasil potongan rambut saya tersebut.

No comments:

Post a Comment