Friday 16 March 2012

INTELEGENSI

Intelegensi merupakan milik manusia yang sangat berharga yang membedakannya dengan mahluk ciptaan Tuhan yang lain. Salah satu definisi dari intelegensi (sebenarnya definisi dari intelegensi sangat banyak karena konsepnya yang abstrak)adalah keahlian seorang individu untuk memecahkan masalah-masalah di kehidupannya, baik yang mudah maupun rumit. Jika berat dan tinggi seseorang dapat diukur dengan alat ukur tertentu, tentunya akan didapat hasil yang akurat jika prosesnya sudah benar. Namun tidak begitu dengan intelegensi, begitu banyak alat ukur untuk melihat intelegensi seseorang, salah satunya dengan menggunakan tes psikologis. Dengan melaksanakan beberapa tes sekaligus dalam rentan waktu yang dekat, yang dapat mempengaruhi hasil tes seseorang karena memungkinkan faktor kelelahan seseorang dalam mnengerjakan tes tersebut. Tetap saja, hal itu harus dilakukan untuk mendapatkan gambaran intelegensi seseorang.
Saat saya mengikuti tes intelegensi di kampus saya, saya diberikan 'perintah' untuk menggambarkan sebuah pohon. Saya mungkin belum tahu gambaran apa yang akan mereka dapatkan tentang intelegensi saya, saya tidak berharap banyak.

No comments:

Post a Comment